Bau Kaki

Penampilan kaki adalah salah satu hal yang penting bagi wanita. Karena itu, kesehatan kaki harus dijaga dengan baik. Maksud hati ingin menjaga kulit agartetap putih dengan sepatu tertutup, tetapi efeknya justru membuat kaki menjadi bau.

Bau kaki ini bisa menyerang siapa saja, terlebih lagi jika keadaan kaki sedang lembab. Keadaan seperti ini rawan dengan pertumbuhan jamur, termasuk jamur penyebab bau kaki.

Tanda-Tanda

Ketika membuka penutup kaki (baik sepatu atau kaus kaki) akan tercium bau khas yang tidak menyenangkan.



Penyebab
  1. Keringat berlebih yang bercampur dengan bakteri kaki.
  2. Memakai bahan kaus kaki dan sepatu yang tidak menyerap keringat, seperti plastik. Ini bisa menyebabkan kaki menjadi basah dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Pencegahan
  1. Ketika mandi, bersihkan kaki dengan air sabun. Jangan melupakan bagian ini meskipun terlihat sepele dan tidak penting.
  2. Selepas mandi, keringkan kaki secara menyeluruh untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri.
  3. Gunakan kaus kaki yang dapat menyerap keringat dan membuat kaki tetap kering. Ganti kaus kaki minimal setiap hari, jika bisa dua sampai tiga kali sehari.
  4. Sebaiknya memilih sepatu yang bisa membuat kaki kita bisa bernapas sehingga ada pergantian udara dari kaki kita.
  5. Tidak menggunakan sepatu dan kaus kaki yang sama selama dua hari berturut-turut.
  6. Memperhatikan makanan kita. Sebaiknya hindari makanan yang dapat menyebabkan keringat bertambah bau, seperti bawang-bawangan, merica, dan makanan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar