Demam

Demam merupakan mekanisme alami tubuh sebagai reaksi terhadap penyakit yang kita derita. Dengan adanya suhu tubuh yang meningkat, akan terjadi pelebaran pembuluh darah dan meningkatnya aliran darah ke berbagai tempat di tubuh.

Meningkatnya aliran darah akan mempermudah transportasi berbagai faktor sistem kekebalan tubuh seperti sel darah putih. Aliran darah yang lebih deras juga akan mempermudah tubuh untuk membuang sisa-sisa metabolisme yang menumpuk akibat adanya proses peradangan.

Dengan demikian, faktor-faktor yang mendukung proses penyembuhan, seperti peningkatan produksi energi tubuh, laju metabolisme, dan aktivitas biologis pun mulai bekerja.



Tanda-Tanda
  1. Suhu tubuh meningkat hingga melebihi batas normal, yaitu 37° C.
  2. Kadang disertai tubuh yang menggigil dan merasa dingin.

Penyebab

Penyebab demam bisa bermacam-macam, dari mulai sakit telinga, gigi, dan penyakit-penyakit lainnya. Namun, bisa juga karena infeksi virus pada sistem pertahanan tubuh.

Pencegahan

Pencegahan demam mungkin sulit untuk dilakukan karena demam merupakan bentuk reaksi tubuh akibat penyakit yang dialami. Hal yang bisa dilakukan adalah menurunkan demam yaitu dengan cara seperti berikut.
  1. Meminum dua sendok madu kemudian beristirahat.
  2. Meminum obat penghilang rasa sakit dan beristirahat.
  3. Mengompres kening yang sakit dengan air dingin.
  4. Jika demam tidak turun dalam dua hari, segera bawa ke dokter atau puskesmas terdekat.

0 komentar:

Poskan Komentar