Buncit Perut

Perut buncit bisa dibilang merupakan masalah hampir semua orang, baik pria maupun wanita, tua ataupun muda. Bedanya, orang sering menganggap perut buncit pada pria sebagai simbol kemakmuran walau sebenarnya risiko terkena penyakit jantung justru jauh lebih besar.

Bagi wanita, hal ini sama sekali tidak berlaku. Jadi, jangan heran bila banyak wanita yang merasa ini adalah masalah besar, terutama bila sudah menyangkut soal pemilihan busana. Intinya, perut buncit dirasa benar-benar merusak penampilan.

Tanda-Tanda
  1. Perut membuncit.
  2. Terkadang ada lipatan lemak pada bagian perut.



Penyebab

Berikut ini adalah beberapa hal yang dicurigai menjadi penyebab membuncitnya perut.
  1. Lemak yang menumpuk dan terkonsentrasi di bagian perut.
  2. Sering makan larut malam kemudian langsung tidur.
  3. Banyak meminum minuman yang dingin dan bersoda.
  4. Jarang berolahraga.
  5. Cacingan.

Pencegahan
  1. Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak.
  2. Banyak mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan menerapkan pola makan yang benar.
  3. Melakukan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh, seperti joging, skipping, basket, dan olahraga lainnya yang bersifat aerobik.
  4. Makan perlahan-lahan. Jika makan dan menelan terlalu cepat, udara akan tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat memicu penggelembungan perut. Berada dalam posisi duduk ketika makan, kemudian mengunyah makanan tersebut perlahan-lahan secara sempurna sehingga semua bagian makanan dapat tercerna dengan sempurna dan tidak menimbulkan rasa kembung.
  5. Mengurangi konsumsi garam dalam diet karena terlalu banyak garam akan menyebabkan air tertahan dalam sel sehingga perut terasa penuh dan menggelembung.
  6. Mengonsumsi serat dengan tepat, terutama serat alami yang berasal dari buah-buahan yang mengandung banyak air.
  7. Menghindari sembelit karena dapat mengakibatkan bertambahnya volume perut Untuk merangsang isi perut, kita harus meningkatkan konsumsi serat dari sayur dan buah secara bertahap.
  8. Berhati-hati dengan konsumsi obat terutama aspirin dan pil kontrasepsi karena ada kemungkinan dapat menyebabkan timbulnya sembelit dan masalah perut lainnya.

1 komentar:

skylover mengatakan...

bagaimmana perut buncit pada cowok bisa mengindikasikan adanya penyakit jantung?? bagaimana patofisiologinya?? bisa tolong dijelaskan. . . .

Poskan Komentar