Herpes Zoster

Herpes adalah nama penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Virus ini pula yang menyebabkan cacar air. Sebagaimana virus lainnya, virus Varicella zoster bisa aktif lagi jika sistem pertahanan tubuh sedang lemah. Herpes zoster sendiri hidup dalam jaringan saraf dan bisa kambuh kapan saja tanpa sebab yang jelas.

Tanda-Tanda
  1. Kambuhnya penyakit herpes zoster ini dimulai dengan gatal, mati rasa, kesemutan atau rasa nyeri yang parah pada daerah bentuk tali lebar di dada, punggung, atau hidung dan mata.
  2. Herpes zoster dapat menular pada saraf wajah dan mata. Ini dapat menyebar di sekitar mulut, wajah, leher dan kulit kepala, dalam dan sekitar telinga, atau pada ujung hidung.
  3. Herpes zoster hampir selalu terjadi hanya pada satu sisi tubuh.
  4. Beberapa hari setelah virus aktif, ruam muncul pada daerah kulit yang berhubungan dengan saraf yang meradang. Lepuh kecil terbentuk dan berisi cairan. Setelah itu, lepuh pecah dan menjadi koreng.
  5. Jika lepuh digaruk, infeksi kulit dapat terjadi. Ini membutuhkan pengobatan dengan antibiotik dan mungkin menimbulkan bekas.
  6. Biasanya, ruam hilang dalam beberapa minggu, tetapi kadang-kadang rasa nyeri yang parah dapat bertahan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Kondisi ini disebut neuralgia pasca herpes.
  7. Luka akibat herpes ini terasa sangat nyeri dan menyakitkan bagi penderitanya.



Penyebab
  1. Infeksi virus Vancella zoster.
  2. Lemahnya sistem kekebalan tubuh.
  3. Rentan terjadi pada penderita HIV.
  4. Tidak menjaga kebersihan tubuh dan pakaian.
  5. Berinteraksi aktif atau secara tidak sengaja dengan ruam herpes pada penderita tanpa sarung tangan atau alat pengaman lainnya.

Pencegahan
  1. Menjauhi semua faktor risiko yang dapat menyebabkan HIV/ AIDS.
  2. Menjaga kebersihan tubuh, pakaian, dan lingkungan.
  3. Menjaga sistem kekebalan tubuh dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi dan makanan yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi.
  4. Melakukan vaksinasi agar terhindar dari penyakit ini.

1 komentar:

KLINIK APOLLO mengatakan...

Blog yang menarik dan informatif sekali

Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

Biaya Operasi Kutil Kelamin

Cara Menyembuhkan Herpes Zoster

Penyebab Virus herpes Simplek

Bahaya Herpes pada Ibu Hamil

Posting Komentar