Menstruasi

Menstruasi atau haid adalah keluarnya darah dari dalam rahim melalui vagina. Darah ini keluar sebagai akibat dari meluruhnya lapisan dalam rahim yang mengandung pembuluh darah serta sel telur yang tidak dibuahi.

Menstruasi ini akan datang secara teratur setiap bulan. Normalnya, setiap wanita pasti akan mengalami proses ini, meski waktu menstruasi pertama kali serta lamanya menstruasi pada setiap wanita itu berbeda-beda.

Siklus menstruasi yang normal bisa terjadi selama 21-35 hari. Oleh karena itu, jika siklus menstruasi pada seorang wanita tidak teratur, biasanya ada gangguan terhadap organ reproduksinya.


Lamanya menstruasi pada tiap wanita juga tidak sama, tapi rata-rata terjadi selama 3-8 hari. Jika sudah lebih dari 14 hari darah menstruasi belum berhenti, kemungkinan itu merupakan darah penyakit.

Sebelum menstruasi, kadang-kadang wanita juga akan mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS. Ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang terjadi di dalam tubuhnya. Bahkan ada pula yang rutin mengalami sakit perut atau kram perut sebelum ia mengalami menstruasi.

Untuk mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya:
  1. Kompres bagian perut atau punggungyangterasa sakit dengan botol berisi air panas.
  2. Mandi dengan air hangat. Bisa juga menambahkan aromaterapi ke dalam air mandi sebagai salah satu upaya untuk merelaksasi tubuh.
  3. Minum minuman hangat yang banyak mengandung kalsium.
  4. Gosok bagian yang sakit dengan minyak kayu putih atau balsam.
  5. Untuk membantu relaksasi, lakukan posisi menungging agar rahim tergantung ke bawah.
  6. Sering-sering menarik napas panjang.

0 komentar:

Posting Komentar