Jerawat

Kita pasti selalu mendambakan memiliki kulit wajah yang bersih tanpa jerawat. Jerawat akan membuat wajah menjadi tidak sedap dipandang (setidaknya bagi kita sendiri).

Jerawat adalah gangguan kulit yang lebih banyak terjadi di wajah, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat juga terjadi di bagian tubuh yang lain seperti punggung dan kaki atau bagian tubuh lainnya.

Jerawat dapat juga muncul dalam bentuk jerawat batu. Jerawat ini tidak terasa sakit dan bentuknya pun kecil-kecil tidak berwarna kemerahan, tetapi agak hitam. Biasanya tumbuh bergerombol dalam jumlah yang banyak. Selain itu, komedo juga merupakan bentuk lain dari jerawat

Tanda-Tanda Jerawat
  1. Muncul bintik atau benjolan kecil yang lama-kelamaan akan meradang, sehingga benjolan tersebut menjadi berwarna kemerahan.
  2. Terasa sakit dan berdenyut pada benjolan kecil tersebut.

Penyebab

  1. Penyebab utama jerawat adalah menumpuknya minyak hasil ekskresi dari kelenjar minyak (sebum) pada wajah. Minyak sebum tersebut merupakan rumah para bakteri penyebab jerawat.
  2. Pembelahan sel secara berlebihan pada folikel sel kulit. Hormon androgen seperti estrogen dan testosteron turut berperan sebagai pemicu pembelahan sel tersebut. Hal tersebut membuat sel kulit mati banyak terdapat di wajah dan jika tidak dibersihkan, maka hal tersebut juga akan menjadi santapan bagi bakteri yang mampir ke kulit wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  3. Bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini ditemukan pada lesi jerawat yang ada pada wajah. Bahkan dalam tingkatan yang parah bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada wajah.
  4. Stres juga dapat memacu timbulnya jerawat.

Pencegahan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghindari jerawat.
  1. Untuk menghindari jerawat, sebaiknya kita sering membersihkan wajah dengan air bersih. Hal ini disebabkan karena wajah lebih banyak mengandung minyak daripada bagian tubuh yang lain. Jika minyak wajah tersebut tidak sering-sering dibersihkan akan membuat debu-debu halus menempel pada kulit wajah dan menutupi pori-pori dan pada akhirnya akan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  2. Menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan berlemak.
  3. Rajin berolahraga karena berolahraga akan membuat tubuh kita berkeringat. Keringat tersebut akan membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori wajah. Selain itu, pori-pori wajah akan terbuka dan membuatnya bernapas sehingga kotoran pada wajah akan lebih mudah dibersihkan.
  4. Hindari stres.

0 komentar:

Poskan Komentar