Menopause

Menopause merupakah hal alami yang akan terjadi pada wanita, meskipun tidak tertutup kemungkinan kalau kaum pria juga bisa mengalami menopause. Perbedaan menopause pada laki-laki dan perempuan terletak pada mekanisme hormonal.

Pada wanita, ketika menopause, kadar estrogen dalam tubuhnya berkurang drastis, sedangkan pada laki-laki produksi testosteronnya juga mengalami penurunan, tetapi tidak sedrastis penurunan hormon wanita.

Pada umumnya wanita mengalami menopause pada akhir usia 50 tahunan. Pada usia tersebut menstruasi pada wanita sudah berhenti sama sekali.

Tanda-Tanda
  1. Munculnya gejala peralihan berupa keluarnya darah dari vagina dan perdarahan ini berlangsung secara tidak teratur.
  2. Mengalami hot flush atau rasa panas, mulai dari wajah lalu menyebar ke seluruh tubuh. Rasa panas ini sering disertai dengan warna kemerahan pada kulit dan tubuh mengeluarkan keringat pada malam hari. Perasaan ini bisa berlangsung selama 30 detik sampai dengan beberapa menit. Penyebab rasa panas ini diduga akibat adanya perubahan jumlah hormon estrogen yang bisa memengaruhi beberapa fungsi tubuh yang dikendalikan olehnya. Pada sekitar 80% wanita, gejala ini akan menghilang dalam 5 tahun dan sisanya akan terus mengalami gejala tersebut hingga 10 tahun ke depan.
  3. Mulai terjadi perubahan pada vagina, yaitu vagina mengering dan kurang elastis akibat kadar estrogen yang menurun. Selain itu, muncul rasa gatal pada vagina dan rasa sakit ketika berhubungan seksual. Perubahan pada vagina ini juga membuat wanita menopause lebih mudah mengalami infeksi vagina.
  4. Uretra (saluran kencing) mengering dan berkurang keelastisannya sehingga menyebabkan wanita menopause mudah terkena infeksi saluran kencing dan membuatnya selalu kencing dan mengompol.
  5. Mudah mengalami gejala emosional, seperti mudah marah dan perubahan mood yang berlangsung sangat cepat. Selain itu, wanita menopause j’uga mulai mengalami masalah daya ingat dan kelelahan mental.
  6. Menumpuknya lemak pada bagian pinggul dan perut.
  7. Perubahan tekstur kulit, kerutan kulit, dan terkadang disertai dengan jerawat.

Penyebab
  1. Usia lebih dari 40 tahun.
  2. Berkurangnya produksi hormon estrogen secara drastis pada wanita.

Pencegahan

Menopause merupakan kejadian alami yang terjadi pada wanita, sama seperti menstruasi. Menopause tidak dapat dicegah, tetapi gejala-gejala penyertanya bisa diatasi dengan terapi sulih hormon.

0 komentar:

Poskan Komentar