Insomnia

Insomnia merupakan suatu keadaan ketika mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Setiap orang pasti pernah mengalami insomnia.

Insomnia adalah salah satu penyakit yang ramah usia atau bisa menyerang semua golongan usia. Angka kejadian insomnia biasanya terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Tanda-Tanda
  1. Sulit tidur ketika malam hari dan baru bisa tidur ketika hampir pagi. Pada insomnia yang parah, bisa saja penderita tidaktidur selama berhari-hari.
  2. Wajahnya terlihat kuyu akibat kurang tidur.
  3. Tidak bersemangat.
  4. Sering terlihat mengantuk pada siang hari.
  5. Sensitif dan mudah marah.

Penyebab
  1. Stres dengan berbagai penyebabnya, misalnya karena pekerjaan, kondisi keuangan, hubungan suami-istri, dan penyebab stres lainnya.
  2. Usia. Semakin bertambah usia biasanya menyebabkan seseorang cenderung mengalami insomnia. Dia sulit tidur dan mudah terbangun jika ada keributan di sekitarnya.
  3. Banyak mengonsumsi minuman berkafein, misalnya minuman berenergi atau kopi.
  4. Ritme kehidupan tidak teratur.


Pencegahan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghalau serangan insomnia.
  1. Berolahraga secara teratur dapat membuat lebih nyenyak tidur. Berolahraga membuat kesehatan menjadi lebih optimal, aliran darah ke otak lancar, dan menjadi lebih mudah untuk beradaptasi dengan stres. Selain itu, berolahraga juga membuat tubuh lelah, sehingga kita akan lebih mudah tertidur pada malam hari. Meskipun demikian, olahraga berat sebaiknya tidak dilakukan menjelang tidur karena justru akan memperparah insomnia yang kita alami. Sebaiknya melakukan olahraga ringan hingga sedang pada sore hari, dengan demikian tubuh akan terasa lelah dan kita akan menjadi lebih mudah untuk tidur.
  2. Menghindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur karena akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Adapun minum yang terlalu banyak akan menyebabkan sering ke belakang untuk buang air kecil. Kedua hal tersebut tentu akan mengganggu kenyenyakan tidur.
  3. Tidur pada lingkungan dan suasana yang nyaman. Selain itu singkirkan jauh-jauh benda-benda yang dapat mengganggu tidur.
  4. Mengurangi atau menghindari minuman yang bersifat stimulan seperti teh, kopi, alkohol, minuman berenergi, dan rokok.
  5. Meminum segelas susu hangat akan membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  6. Tiga puluh menit atau satu jam sebelum tidur sebaiknya mandi air hangat untuk membantu mengurangi ketegangan tubuh dan juga akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  7. Memiliki waktu tidur yang tetap.
  8. Berusaha untuk relaks pada setiap keadaan dan beradaptasi dengan stres yang alami sehari-hari.

1 komentar:

Dilla mengatakan...

wah tips yang sangat bermanfaat buat saya neh sob, akhir-akhir ini sulit tidur, apalagi klo mikirin traffic blog menurun tragis...

Posting Komentar