Sistosarkoma Filodes

Sistosarkoma filodes merupakan sejenis tumor jinak payudara yang relatif jarang ditemui. Meskipun demikian jika sudah dialami oleh seorang wanita, maka tumor tersebut memiliki kemungkinan untuk menjadi tumor ganas bahkan bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara.

Tumor ini termasuk jenis tumor yang menetap dan jarang menyebarke daerah lainnya. Meskipun sudah diambil daritempatnya, tumor ini masih memiliki kemungkinan untuk berkembang di tempat yang sama. Wanita yang berusia lebih dari lima puluh tahun berisiko tinggi untuk mengalami tumor ini.

Tanda-Tanda
  1. Awalnya tumor ini memiliki batas yang tegas, bentuknya licin, dan mudah digerakkan.
  2. Ukurannya relatif besardengan diameter benjolan sebesar lima cm.
  3. Kulit yang menutupi benjolan tersebut biasanya tampak mengilat dan agak transparan sehingga pembuluh darah di bawahnya bisa terlihat.
  4. Jika tumor ini telah berubah bentuk menjadi ganas, penyebaran tumor lebih sering menyebar ke wilayah paru-paru, jantung, tulang, dan hati. Jika sudah menyebar, kemungkinan besar penderita akan mengalami sesak napas akut dan nyeri pada tulang.

Penyebab

Hingga saat ini penyebab terjadinya sistosarkoma filodes masih belum diketahui, tetapi penyebab terjadinya mungkin bisa dianalogikan dengan penyebab terjadinya kanker.

Ketidakseimbangan mekanisme hormonal, pola hidup yang buruk, dan infeksi mungkin dapat ditengarai menjadi penyebab terjadinya penyakit ini.

Pencegahan

Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan sebagaimana pencegahan terhadap penyakit kanker, misalnya seperti berikut.
  1. Menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  2. Rajin memeriksa payudara. Jika ada benjolan aneh dan tidak wajar sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
  3. Menjaga kebersihan payudara dan bra yang dikenakan.

0 komentar:

Posting Komentar