Nipple Discharges (ND)

Nipple discharges adalah keluarnya cairan asing yang berasal dari puting ibu. Kemungkinan terjadinya ND ini bertambah seiring dengan peningkatan umur dan jumlah kehamilan.

Jika cairan asing ini keluar dari puting wanita yang belum hamil atau dari laki-laki, maka hal itu menunjukkan adanya penyakit yang bersarang pada puting payudara karena biasanya hal itu juga disertai dengan perubahan lain yang terjadi pada payudara.

Tanda-Tanda
  1. Keluar cairan melalui puting payudara. Cairan yang keluar dari payudara berubah-ubah warnanya, salah satunya adalah kolostrum yang dianggap sebagai nipple discharge yang normal.
  2. Cairan yang keluar selalu mengalami perubahan warna, konsistensi, dan komposisi cairannya. Hal tersebut terjadi pada kedua payudara.
  3. Nipple discharge yang berbahaya, yaitu keluarnya cairan berupa darah atau nanah dari puting payudara bergantung pada penyebabnya.

Penyebab
  1. Pembengkakan payudara terutama pada wanita yang menyusui.
  2. Trauma pada payudara.
  3. Konsumsi obat-obatan seperti cimetidine, metildopa, metoklopramide, kontrasepsi oral, dan antidepresan.
  4. Adanya prokaktinoma (prolaktin mensekresi tumor dalam otak).
  5. Massa non-kanker yang tumbuh pada saluran susu dalam payudara.

Pencegahan
  1. Jika nipple discharge terjadi karena baru melahirkan atau mulai menyusui bayi, maka hal tersebut tidak dapat dicegah. Akan tetapi, jika cairan yang keluar dari payudara aneh atau tidak wajar, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter.
  2. Berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan terjadinya nipple discharge.
  3. Beradaptasi dengan stres dan menjaga konsumsi makanan.
  4. Menjaga kebersihan payudara dengan selalu menggunakan bra yang bersih.

0 komentar:

Posting Komentar